Tuesday, March 11, 2008

Map Network Drive ..

Mapping Drive

Penulis menulis postingan ini, karena penulis merasa kesulitan jika ingin mengambil file data dari komputer lain. Mungkin bisa dikerjakan dengan simple, dengan cara mengcopy langsung ke disket, flasdisk, atau sejenisnya. Tetapi semua itu butuh waktu yang cukup lama. Kita harus cari dulu disket, flasdisknya, kemudian kita ke komputer yang akan diambil filenya untuk mengcopy data ke flasdisk, dan dicopy lagi ke komputer yang baru. Gimana hal ini butuh waktu yang cukup lama kan ?

Nah ada cara yang lebih mudah, cepat dan efisien. Dengan memanfaatkan Kabel UTP, kita bikin LAN ( Local Area Network ). Kalau sudah tersambung di LAN, komputer yang akan di copy datanya, tinggal di share aja foldernya.

Klik kanan pada folder yang ingin di share, dan pilih Sharing and Security ..
Nah di sini terserah mo kita set share full ( orang lain dapat menambah, merubah atau menghapus data ) atau hanya dishare ( user tidak dapat menambah, merubah atau menghapus data ).

  • Share this folder on network ( jika hanya memilih pilihan ini, maka user hanya dapat melihat file ytang ada)
  • Allow network users to change my files ( jika disertai memilih pilihan ini, maka user dapat menambah, merubah, menghapus data)

Nah sekarang, kita bikin Map Network Drive … Maksudnya kita ciptakan partisi baru di windows kita, biasanya partisi drive didapat dari partisi hardisk, namun kali ini bisa membuat partisi dari LAN, dan penyimpanannya pun enggak di hardisk kita, namun di hardisk komputer yang di share sebelumnya.

  • Windows Explorer
  • Pilih My Network Places
  • Pilih Entire Network
  • Pilih Microsoft Windows Network
  • Cari komputer yang akan kita jadikan partisi baru, misal gambar di bawah ini.

Kalau sudah ketemu, tinggal di klik kanan, pilih Map Network Drive … kalau sudah, kita cek aja di Windows Explorer kita, maka akan muncul partisi driver yang baru. Jadi kita g perlu lagi pake flasdisk untuk copy antar komputer, tinggal buka windows explorer, udah terlihat deh semua file2 di komputer lain.

Selamat mencoba


No comments: